Profil Timnas Austria dalam Gelaran EURO 2024

Berbeda dengan beberapa timnas lainnya, timnas Austria tidak harus berjalan jauh untuk mengikuti gelaran EURO 2024 kali ini. Namun, hal ini tidak berarti perjuangan mereka di gelaran turnamen tersebut akan berjalan dengan mudah. Apalagi tim besutan Ralf Rangnick ini berharap bisa memberikan tantangan besar bagi tim-tim favorit di gelaran kompetisi ini.

188Bet timnas Austria

Ada Peluang bagi Timnas Austria

Dengan kehadiran para pemain berbakat seperti David Alaba dan Marcel Salitzer, tak sulit membayangkan adanya peluang bagi skuad Ralf Rangnick untuk melesat di gelaran EURO 2024 kali ini. Tim yang satu ini memiliki kemampuan hingga pengalaman yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan ini. Apalagi mereka turut diperkuat oleh Ralf Rangnick dengan pengalaman yang ia miliki selama masih berstatus pelatih Man United. Kombinasi ketiga hal inilah yang dipercaya akan sangat membantu perjuangan negara tersebut dalam menghadapi lawan-lawan mereka di EURO 2024 mendatang.

Pemain yang kuat terbukti menjadi aset yang begitu berharga bagi timnas yang satu ini. Permainan para punggawanya berhasil mengantarkan mereka mengoleksi 6 kali menang, 1 kali seri, dan 1 kali kalah dalam perjuangan mereka lolos ke EURO 2024 kali ini. Hasil ini cukup gemilang mengingat mereka berada dalam grup yang sama dengan Belgia. Namun, perjuangan lebih berat akan menanti mereka ketika melangkah ke tanah Jerman nanti.

Perjuangan Berat Menanti Timnas Austria

Ketika mereka dipastikan lolos kualifikasi turnamen, grup baru pun ditetapkan untuk dihuni oleh timnas Austria. Kini, mereka berada dalam 1 grup yang sama bersama dengan Belanda, Peranci, dan Polandia. Dengan kehadiran rekan-rekan satu grupnya ini, melangkah maju lolos babak penyisihan grup bisa jadi tugas yang berat bahkan bagi para punggawa mereka sekalipun. Namun, sebagaimana yang dispekulasikan belakangan ini, banyak pihak beranggapan kalau seandainya ada tim kuda hitam yang muncul pada Euro tahun ini, sosok tersebut bisa jadi David Alaba dkk.

Gambaran Skuad Terakhir dan Para Pemain Kunci

Hingga saat ini, belum diketahui daftar lengkap skuad yang akan diturunkan Ralf Rangnick dalam gelaran EURO 2024 mendatang. Namun kiranya, skuad yang pernah ia turunkan dalam laga persahabatan melawan Slovakia dan Turki yang lalu bisa menjadi gambaran.

Kiper Bek Tengah Depan
Tobias Lawal David Alaba Xaver Schlager MIchael Gregoritsch
Alexander Schlager Max Wover Nicolas Seiwald Maximilian Entrup
Patrick Pentz Kevin Danso Marcel Sabitzer Andrea Weimann
Phillipp Mwene Florian Grillitsch Christoph Lang
Stefan Posch Christoph Baumgartner Muhammed Cham
Phillipp Lienhart Konrad Laimer
Flavius Daniliuc Matthias Seidl
Stefan Lainer Romano Schmid
Patrick Wimmer

Sementara itu, sosok pelatih yang membesut timnas Austria kali ini adalah Ralf Rangnick. Setelah gagal menjalankan tugasnya dengan baik sebagai pelatih di Man Untied, Ralf Rangnick menjalani debut perdananya sebagai pelatih timnas. Tugas ini pertama diberikan kepadanya pada musim panas tahun 2022 yang lalu. Kala itu, ia meneruskan tugas yang sebelumnya diemban oleh Franco Foda sebagai pelatih timnas Austria sebelumnya. Berbanding terbalik dengan kesulitan yang ia alami saat melakoni turnamen di tanah Inggris, ia justru memetik keberhasilan sejak menjabat pelatih di timnas yang satu ini.

Sementara itu, dalam perjalanan mereka nanti, timnas Austria akan diperkuat oleh beberapa pemain kunci. Salah satunya adalah David Alaba. Di awal usia 30 tahun dirinya, David Alaba saat ini telah menjadi salah satu pemain timnas negeri asalnya dengan catatan laga internasional yang cukup banyak. Pemain belakang kiri yang juga membela Real Madrid tersebut juga memiliki pengalaman menjajal posisi pemain tengah dan belakang tengah. Kini, EURO 2024 akan menjadi laga internasional ketiga yang ia jalani bersama timnas negara asalnya. Jika ia kembali dipercaya sebagai kapten pada tahun ini, momen ini akan menjadi kedua kali bagi dirinya menjalani tugas tersebut. Hal ini mengingat ia juga pernah mengemban tugas ini ketika bermain dalam gelaran EURO 2020 yang lalu.