Phil Foden, Punggawa Andalan Timnas Inggris di EURO 2024

Timnas Inggris menjadi salah satu tim yang cukup banyak dinantikan permainannya dalam turnamen EURO 2024 yang akan datang. Harapan ini tak terlepas dari banyaknya pemain papan atas kelas dunia yang memperkuat skuad 3 Singa ini. Salah satu sosok yang cukup dinanti-nantikan adalah Phil Foden.

188Bet Phil Foden

Profil Singkat Phil Foden

Dari sekian banyak pemain yang memperkuat skuad Gareth Southgate, nama Phil Foden menjadi salah satu sosok yang dinantikan permainannya. Sang pemain yang satu ini diketahui bergabung sebagai skuad utama timnas Inggris. Untuk tingkat klub, ia saat ini bergabung dengan Manchester City sejak tanggal 1 Juli 2017 yang lalu dan akan berakhir pada 30 Juni 2027 yang akan datang.

Alasan lainnya permainannya cukup banyak dinantikan adalah besarnya potensi yang miliki. Sebagai seorang pemain berusia 24 tahun, ia telah mencatatkan 33 pertandingan di kancah internasional bersama timnas Inggris. Tak hanya itu, pemain kelahiran 28 Mei 2000 tersebut juga telah berhasil menorehkan 4 gol. Permainannya di tengah lapangan turut ditopang oleh posturnya yang cukup tinggi, 1,71 meter. Baik di timnas Inggris maupun Man City, ia kerap diturunkan di bagian sayap kanan.

Statistik Phil Foden

Sebagai seorang pemain, Phil Fodem memiliki catatan performa yang cukup menarik. Di kancah Liga Primer Inggris musim 2023/24 yang lalu, misalnya, ia telah bermain di sebanyak 35 pertandingan. Dari jumlah tersebut, ia telah melahirkan total 19 gol dengan 8 kali asist. Namun ia juga mendapatkan 2 kali kartu kuning dalam periode yang sama. Secara umum, ia juga mencatatkan 87% kesempatan bermain dari awal babak pertama dengan torehan 85% waktu bermain. Sedangkanjumlah partisipasi golnya berada di angka 28%.

Sementara itu, untuk ranah Liga Champions musim ini, sang pemain hanya mencatatkan 8 kali bertanding, sebuah jumlah yang cukup rendah. Meski demikian, torehan golnya sejumlah 5 kali dan 3 kali asist sukses membuktikan besarnya kemampuan dan potensi yang ia miliki sebagai seorang pemain tengah. Dalam kontestasi ini juga ia belum pernah mendapatkan kartu kuning maupun merah. Statistik lain yang ia catatkan adalah 70% kesempatan sebagai pemain dari awal babak eprtama, 74% waktu bermain, dan 26% tingkat partisipasi gol.

Fakta Menarik Lainnya

Menurut laporan dari 188Bet link alternatif, pemain kelahiran Stockport, Inggris, ini juga pernah diturunkan bermain di posisi sayap kiri dan sayap menyerang. Walau usianya masih terbilang muda, tapi karirnya di dunia sepakbola terlihat cukup menjanjikan. Hal ini terpantau dari kenaikan nilai transfer yang disematkan kepadanya. Untuk saat ini, pemain asal Man City yang satu ini memiliki nilai transfer 150 juta Euro.

Sebagai seorang pemain sepakbola, rekam jejaknya dimulai di Reddish Vulcans sebagai bagian dari tim pemain muda di klub tersebut. Ia kemudian melanjutkan peran yang sama di klub pemain muda Man City dari tahun 2009 hingga 2017 yang lalu. Barulah pada tanggal 1 Juli 2017, ia resmi dipromosikan ke tim pemain senior klub yang sama.

Tak hanya bersinar di tingkat klub, Phil Foden juga memiliki cukup banyak pengalaman di kancah internasional. Pemain ini menjalani debut perdananya di laga internasional sebagai bagian dari timnas U16 Inggris. Dengan usianya yang baru 15 tahun 5 bulan dan 1 hari pada momen tersebut, ia berhasil mencatatkan 8 kali pertandingan dengan 2 kali gol. Setelah itu, ia perlahan meniti karirnya di timnas Inggris. Ia terpantau pernah membela timnas U17, U18, U19, dan U21 timnas dari negeri yang sama. Barulah kemudian ia melangkah lebih besar dengan bergabung ke dalam timnas senior Inggris pada tanggal 5 September 2020 yang lalu. Hingga saat ini, di bawah Gareth Southgate sebagai pelatih, ia berhasil menjalani 33 kali pertandingan dengan total peroleh 4 gol.

Adapun rincian perjalanannya di laga internasional adalah sebagai berikut.

  • 3 kali bertanding di EURO dengan 1 kartu merah dan 0 gol
  • 4 kali bertanding di Piala Dunia dengan 1 gol dan 2 kali asist
  • 5 kali bertanding di Liga Bangsa-bangsa UEfa dengan 2 gol dan 1 kali asist
  • 7 kali bertanding di laga persahabatan internasional dengan 1 gol dan 1 kali asist
  • 7 kali bertanding di laga kualifikasi Eropa dengan total 381 menit bertanding
  • 7 kali bertanding di laga kualifikasi Piala Dunia dengan 0 gol dan 4 kali asist.

Sementara itu, jika dirangkum, Phil Foden berhasil turun di sebanyak 53 pertandingan di berbagai kompetisi hingga saat ini. Dari jumlah tersebut, ia berhasil melahirkan 27 gol dan 12 kali asist. Total waktu bermainnya di tengah lapangan mencapai 4.276 menit.

Related Articles

Back to top button