Profil Timnas Georgia untuk EURO 2024

Skuad timnas Georgia untuk turnamen EURO 2024 yang akan datang telah secara resmi dibentuk. Di bawah asuhan Willy Sagnol sebagia pelatih mereka, timnas yang satu ini tengah melakukan persiapan demi persiapan untuk menjalani turnamen kelas internasional pertama mereka.

188Bet timnas Georgia

Bertabur Pemain Kuat

Timnas yang satu ini memang bukanlah yang paling kuat jika berdasarkan pemeringkatan FIFA. Namun, ada beberapa pemain mereka yang tak bisa dipandang remeh begitu saja. Beberapa di antaranya bahkan terbilang cukup populer. Salah satunya adalah pemain bintang Napoli, Khvicha Kvaratskhelia dan penjaga gawang mereka, Giorgi Mamardashvili. Menariknya sosok penjaga gawang yang satu ini sudah cukup sering dirumorkan telah menarik perhatian dari berbagai klub besar asal Eropa dalam beberapa tahun ini. Sedangkan pelatih mereka, Sagnol, juga merupakan seorang pelatih berkebangsaan Perancis yang tak kalah terkenal di berbagai laga yang ia jalani dalam beberapa terakhir ini.

Namun, tak semua pemain bintang mereka akan turun bertanding pada turnamen EURO 2024 yang akan datang. Guram Kashia, sosok pemain berusia 38 tahun, dengan catatan lebih dari 100 laga internasional dikabarkan menolak panggilan untuk turut serta membela tim negara asalnya. Sebagai gantinya, mereka memutuskan untuk menurunkan Gabriel Sigua, seorang pemain yang tahun ini baru berusia 18 tahun.

Peluang bagi Timnas Georgia

Namun, bagaimanapun juga, turnamen bergengsi EURO 2024 ini akan menjadi sebuah kesempatan emas bagi setiap pemain yang berasal dari negeri ini. Setelah sempat imbang dengan Luxembourg di babak semifinal playoff, banyak berharap Yunani yang akan melanjutkan perjalanan mereka ke turnamen ini. Namun, justru timnas Georgia yang berhasil lolos berkat keunggulan mereka dalam laga adu penalti.

Hasil seperti ini terbilang bersejarah, namun kehadiran mereka dalam turnamen ini tak sekadar hanya untuk mencatatkan nama belaka. Dengan dukungan dari para pemain bintang dan termasuk kiper dengan rekam jejak yang cukup solid, banyak pihak menaruh perhatian merkea pada perjalanan yang akan ditempuh oleh timnas negara pecahan Uni Soviet ini.

Timnas Georgia Perlu Perjuangan

Meski demikian, sebagaimana yang disampaikan kepada kami oleh situs 188Bet terbaru, perjuangan mereka takkan mudah. Saat ini, mereka menghuni grup yang sama dengan Turki, Republik Ceko, dan Portugal. Dengan formasi seperti ini, akan butuh lebih dari sekadar permainan biasa untuk bisa mengamankan jalur mereka di kompetisi yang satu ini.

Adapun daftar lengkap skuad timnas Georgia untuk EURO 2024 adalah sebagai berikut:

  1. Giorgi Loria sebagai penjaga gawang
  2. Otar Kakabadze sebagai pemain bertahan
  3. Lasha Dvali sebagai pemain bertahan
  4. Guram Kashia sebagai pemain bertahan dan kapten
  5. Solomon Kvirkvelia sebagai pemain bertahan
  6. Giorgi Kochorashvili sebagia pemain tengah
  7. Khvicha Kvaratskhelia sebagai pemain depan
  8. Budu Zivzivadze sebagai pemain depan
  9. Zuriko Davitashvili sebagai pemain tengah
  10. Giorgi Chakvetadze sebagia pemain pemain tengah
  11. Giorgi Kvilitaia sebagai pemain depan
  12. GIorgi Mamardashvili sebagia penjaga gawang
  13. Giorgi Gocholeishvili sebagai pemain bertahan
  14. Luka Lochoshvili sebagai pemain bertahan
  15. Giorgi Gvelesiani sebagai pemain bertahan
  16. Nika Kvekveskiri sebagai pemain tengah
  17. Otar Kiteishvili sebagai pemain tengah
  18. Saba Lobzhanidze sebagai pemain tengah
  19. Levan Shengelia sebagai pemain tengah
  20. Gabriel Sigua sebagai pemain tengah
  21. Giorgi Tsitaishvili sebagia pemain tengah
  22. Georges Mikautadze sebagai pemain depan
  23. Luka Gugeshashvili sebagai penjaga gawang
  24. Jemal Tabidze sebagai pemain bertahan
  25. Sandro Altunashvili sebagai pemain tengah
  26. Anzor Mekvabishvili sebagai pemain tengah

Dengan pemain sebanyak itu, tim yang satu ini telah menjalani 2 laga hingga saat ini. Pertama, di 21 Maret 2024 yang lalu, mereka berhasil menggilas Luxembourg dengan skor 2-0. Kemudian mereka berhasil menahan imbang Yunani dengan skor 0-0 tanpa balas.

Berikutnya, mereka akan menjalani laga berikut:

  • 9 Juni 2024 antara Georgia dengan Montenegro di Stadion Podgorica, Monetenegro
  • 18 Juni 2024 antara timnas Georgia dengan Turki di Westfalenstadion, Dortmund, Jerman
  • 22 Juni 2024 antara Georgia dengan Republik Ceko di Volksparkstadion, Hamburg, Jerman
  • 26 Juni 2024 antara Georgia dengan Portugal di Arena AufSchalke, di Gelsenkirchen, Jerman.

Sosok Pelatih Timnas Geogia

Permainan timnas Georgia akan menggunakan strategi yang dikembangkan oleh sosok yang cukup akrab dengan mereka. Dengan pengalaman bersama AS Monaco dan Bayern Munichf, Willy Sagnol adalah sosok pelatih dengan rekam jejak di sebanyak 58 pertandingan di kancah internasional bersama timnas Perancis. Ia juga turut andnil dalam final Piala Dunia 2006 yang lalu. Sejak melatih klub tersebut di tahun 2021 yang lalu, ia berhasil mengantarkan mereka lolos kualifikasi turnamen internasional mereka untuk pertama kali. Ia juga berhasil mengantarkan mereka mengoleksi 16 kali menang dan 5 kali seri dari 33 laga.

Related Articles

Back to top button