UEFA dan Perubahan Aturan Liga Champions

UEFA baru-baru ini memberikan pandangan mereka tentang adanya perubahan yang terjadi dalam aturan Liga Champion. Induk olahraga sepakbola di kawasan Eropa tersebut mengakui bahwa perubahan format kompetisi yang dimaksud akan turut berdampak pada beberapa klub. Salah satu di antaranya adalah Arsenal.

W88 Liga Champions

Sistem Liga Champions yang Baru

Pihak UEFA baru-baru ini mengonfirmasi detil tentang musim kampanye Liga Champions yang akan datang. Pengumuman ini mereka sampaikan di tengah persiapan yang dilakukan oleh Arsenal dan para partisipan kompetisi yang lainnya untuk turnamen yang begitu sengit ini. Adapun sebelumnya The Gunners berhasil mencapai peringkat 2 di klasemen turnamen Liga Primer Inggris setelah Man City berhasil lolos dari kekalahan di hari terakhir kompetisi tersebut. Kemenangan mereka di laga final tersebut pun sukses mengantarkan mereka untuk mengoleksi kemenangan ke-4 secara beruntun di kompetisi papan atas sepakbola Inggris ini.

Musim ini akan menandai diterapkannya perubahan signifikan terhadap kompetisi elit dunia sepakbola Eropa ini. Perubahan ini akan menjadi perubahan terbesar sejak nama kejuaraan ini berubah dari Piala Eropa menjadi Liga Champions dan format saat ini diterapkan. Dengan aturan baru ini, sebanayk 36 tim akan berpartisipasi dan diundi ke dalam fase liga dengan 36 tim.

UEFA Rilis Aturan Liga Champions

Sebuah dokumen kemudian dirilis oleh pihak UEFA menjabarkan lebih lanjut aturan yang akan diterapkan. Dalam dokuemn tersebut, pemeringkatan akhir di fase liga akan menetapkan 24 tim yang akan berlanjut ke fase gugur serta peringkat masing-masing. Sistem poin akan tetap tidak berubah dengan 3 poin diberikan jika tim menang dan 1 poin untuk setiap hasil imbang.

Setiap tim akan memainkan 8 pertandingan melawan 8 lawan yang berbeda, masing-masing 4 pertandingan di kandang dan tandang. Liga Champions dan LIga Eropa juga akan menerapkan model yang sama. Tim yang berpartisipasi akan dibagikan ke dalam 4 grup dengan masing-masing 8 peserta. Aturan ini lebih lanjut menetapkan pembagian klub berdasarkan koefisien klub UEFA dalam periode 5 tahun dengan pemegang gelar juara bertahan secara otomatis masuk ke dalam grup 1.

Sistem yang Akan Diterapkan

Sumber kami dari W88 alternatif link turut menyampaikan bahwa pada saat ini, Arsenal berada di peringkat 22 pada tabel koefisien klub UEFA dengan perolehan 72.000 poin. Klasemen yang sama turut dihuni oleh Manchester City yang berada di peringkat pertama, Liverpool di peringkat 5, Chelsea di peringkat 10, dan Manchester United di peringkat 11. Dari para penghuni peringkat atas ini, hanya Man City, Liverpool, dan The Gunners yang akan berpartisipasi pada musim kompetisi yang akan datang.

Setiap tim akan diundi untuk menghadapi2  lawan dari setiap 4 pot atau grup yang tersedia. Tim-tim tersebut akan menghadapi salah satu dari 2 lawan tersebut di laga kandang atau tandang. Pot yang akan diundi akan mencakup tim-tim dengan kekuatan yang hampir setara untuk memastikan semua pihak yang bertanding akan memiliki unsur kekuatan yang setara untuk semua tim.

Di akhir fase liga di Liga Champions, ti  yang mencapia peringkat 1 hingga 8 akan secara langsung lolos ke babak 16 besar. Tim yang mencapai peringkat 9 hingga 24 akan bertarung di babak playoff dengan skema 2 leg untuk mencapai babak 16 besar. Sementara tim lainnya akan langsung tersingkir dari kompetisi ini.

Untuk memperkuat persaingan dan menyajikan insentif yang lebih besar, klasemen babak penyisihan akan dibentuk berdasarkan peringkat akhir dari posisi liga. Tim akan dipasangkan dan dibagikan ke dalam bagian yang berbeda dari pengundian ini.

Jika suatu klub lolos ke babak gugur, tim yang mencapai peringkat 9 sampai 16 akan dimasukkan dan bermain melawan tim yang berada di peringkat 17 hingga 24 dengan tim sebelumnya akan memiliki keuntungan kandang di leg kedua.

Tim yang secara otomatis lolos ke Babak 16 besar (peringkat 1 hingga 8) akan bermain melawan pemenang di setiap babak gugur, memainkan laga leg kedua di kandang. Babak gugur Liga Champions akan terdiri dari 2 leg hingga babak final yang akan diselenggarakan seperti biasa di stadion netral dengan hanya 1 leg.

Meski demikian, sistem yang baru ini masih belum selesai ditetapkan sepenuhnya. Saat ini masih dilakukan pembicaraan perihal cara sistem ini berpusat kepada pemain dan porsi sepakbola yang akan dimainkan. Adapun dalam kompetisi Liga Primer Inggris, laga akan dimulai di bulan September yang akan datang dan berakhir di bulan Januari. Satu laga akan berlangsung di bulan September dan Desember, 2 di bulan Oktober, November, dan Januari sebelum memulai fase gugur hingga bulan Mei.

Related Articles

Back to top button