Piala Eropa 2028 Hampir Pasti Kembali Digelar di Inggris Raya

Piala Eropa 2028 tampaknya hampir pasti akan kembali digelar di Inggris Raya plus Irlandia setelah EURO 2020 yang lalu. Hal ini terjadi setelah dua saingan mereka dalam pengajuan tuan rumah Piala Eropa edisi tersebut, Turki dan Russia hampir dipastikan tidak akan melanjutkan ambisinya tersebut.

Pada awalnya Inggris Raya tidak begitu berminat mengajukan diri sebagai tuan rumah ajang kejuaraan antar negara Eropa ini mengingat mereka baru saja menyelanggarakan dua laga semifinal dan final edisi 2020 yang lalu. Mereka menargetkan bersaing menjadi tuan rumah piala dunia 2030 yang merupakan peringatan seratus tahun turnamen akbar sejagat tersebut. Namun FA Inggris dan Irlandia, serta Skotlandia berubah pikiran setelah mengetahui peluang mereka untuk menang di 2030 tipis mengingat UEFA ternyata hanya bisa memberi satu dukungan saja sebagai wakil Eropa di pencalonan tuan rumah piala dunia 2030 menghadapi jagoan CONMEBOL, tuan rumah borongan Argentina-Uruguay-Cile-Paraguay, dan wakil Afrika, Maroko yang juga menjadi kandidat calon tuan rumah edisi 2026 tersebut. Pihak UEFA telah menyatakan akan mendukung duo negara di Semenanjung Iberia, Spanyol-Portugal untuk bertarung di pencalonan tersebut.

Sementara itu mundurnya Turki dan Rusia dalam pencalonan EURO 2028 ini agak mengejutkan, terutama bagi negeri di persimpangan benua Eropa dan jazirah Arab tersebut. Turki yang juga bertarung di pencalonan piala Eropa 2016 dan 2024 merasa peluangnya tipis jika harus berhadapan dengan Inggris Raya-Irlandia yang lebih unggul secara budaya dan fasilitas. Sedangkan Rusia mundur dari pencalonan karena disibukkan dengan isu invasi ke Ukraina. Tanggal 23 Maret akan menjadi tanggal terakhir pendaftaran calon tuan rumah dan akan resmi diumumkan pada tanggal 23 September atau lebih awal jika hanya satu kandidat yang tersedia.

JAGO TEBAK SKOR? MAIN DI Fun88

Calon Venue di Inggris dan Wales

Dengan kemungkinan yang ada tersbut, panitia penyelanggara telah mulai memilah-milih sejumlah venue yang bakal digunakan. Dengan kemungkinan penambahan peserta dari 24 tim ke 32, sehingga diperlukan sejumlah stadion berstandar UEFA yang layak untuk menggelar laga-laga di Piala Eropa 2028 nanti. Inggris tentunya memliki porsi lebih banyak mengingat menyebarnya berbagai fasilitas olahraga termutakhir dan mampu menampung banyak penonton. Berikut ini adalah sejumlah stadion yang dipertimbangkan, termasuk beberapa stadion di London selain Wembley mengingat tingginya jumlah pertandingan nanti:

  • Stadion Wembley, London. Kapasitas: 90.000 penonton
  • Stadion Tottenham Hostpur, London. Kapasitas: 62.850 penonton
  • Stadion Principality, Cardiff. Kapasitas: 74.500 penonton
  • Stadion Emirates, London. Kapasitas: 60.260 penonton
  • Stadion London (kandang West Ham). Kapasitas: 80.000 penonton
  • Stadion Anfield, Liverpool. Kapasitas; 53.394 penonton
  • Stadion Etihad, Manchester. Kapasitas: 55.097 penonton
  • Stadion Old Trafford, Manchester. Kapasitas: 76.000 penonton
  • Stadion Elland Road, Leeds. Kapasitas: 37.792 penonton
  • Stadion King Power, Leicester. Kapasitas: 32.312 penonton.
  • Stadion Villa Park, Birmingham. Kapasitas: 42.785 penonton
  • Stadion Bramley-Moore Dock, Liverpool (kandang baru Everton). Kapasitas: 52.888 penonton
  • Stadion St.James’ Park, Newcastle. Kapasitas: 52.045 penonton

Dari sejumlah nama stadion diatas, baru tiga venue teratas yang bisa dipastikan masuk daftar stadion yang digunakan selama turnamen. Pasang taruhan anda untuk laga-laga seru Piala Eropa ini di link alternatif Fun88.

Stadion Kandidat di Irlandia, Skotlandia dan Irlandia Utara

Sedangkan untuk di wilayah Irlandia, Skotlandia dan Irlandia Utara, dengan rata-rata kapasitas stadion yang lebih sedikit, tentunya tidak memiliki banyak venue yang dipertimbangkan, kecuali stadion utama. Di Belfast, Irlandia Utara misalnya, stadion nasional Windsor Park yang digunakan untuk ajang Piala Super Eropa tahun ini pun hanya memiliki kapasitas 18.500 tentu perlu direnovasi dengan standard UEFA dengan kapasitas minimal 30.000 penonton. Berikut ini adalah sejumlah venue lain yang masuk pertimbangan panitia pencalonan Piala Eropa 2028, dua stadion teratas sudah pasti masuk daftar venue yang digunakan selama turnamen:

  • Stadion Aviva, Dublin, Irlandia. Kapasitas: 51.700 penonton.
  • Stadion Hampden Park, Glasgow, Skotlandia. Kapasitas: 51.866 penonton.
  • Stadion Croke Park, Dublin, Irlandia. Kapasitas: 82.300 penonton.
  • Stadion Murrayfield, Edinburgh, Skotlandia. Kapasitas: 67.144 penonton.

Sayangnya, UEFA tidak akan memberi tiket otomatis pada semua wakil Inggris Raya (Inggris, Skotlandia, Wales, Irlandia Utara) plus Republik Irlandia. Kemungkinan besar UEFA hanya bisa memberikan dua tiket otomatis bagi lima calon tuan rumah tersebut. Bisa jadi hanya Inggris hanya yang pasti lolos sedangkan satu tiket tuan rumah lainnya bakal diperebutkan lewat babak playoff.