Piala AFF 2022 : Tim Garuda Buang Peluang Lawan Thailand

Laga Piala AFF 2022 menjelang tahun baru menghadirkan laga big match antara dua finalis edisi 2019 dimana Indonesia buang peluang untuk mengamankan tiga poin di kandang. 

Grup A telah mendekati fase akhir babak penyisihan dengan dua laga yang diselesaikan tadi malam dengan melibatkan Indonesia, Thailand, Kamboja dan Brunei. Timnas Garuda sayangnya kembali buang peluang emas untuk meraih kemenangan atas tim Gajah Perang. Sementara, Kamboja membuka peluang mencuri satu tempat tersisa untuk lolos ke semifinal setelah meraup kemenangan telak atas lawannya. Mereka bakal bersaing dengan Indonesia dan Thailand untuk dua posisi teratas di fase grup. Berikut ini adalah ulasan dua pertandingan di grup A tadi malam. 

JAGO TEBAK SKOR? MAIN DI m88

Indonesia Buang Peluang Menang 

Indonesia vs Thailand 1-1

Timnas Garuda benar-benar menyia-nyiakan kesempatan untuk meraup tiga poin di kandang sendiri saat menjamu Thailand tadi malam. Tim besutan Shin Tae-Yong sayangnya buang peluang emas untuk menang demi memuncaki tangga klasifika grup A dengan hanya bermain imbang 1-1. Hasil yang sebenarnya cukup adil bagi kedua tim yang turun dengan formasi yang sama, 4-4-2, mengingat perimbangan kekuatan antara kedua tim. Meski begitu, Egy Maulana cs seharusnya bisa unggul atas tamunya meski dengan skor tipis. 

Indonesia membuka keunggulan lewat gol dari Marc Klok lewat titik putih di menit ke 50 setelah kapten tim negeri Gajah Putih, Theerathon Bunmathan tak kuasa menghindari lengannya menyentuh bola saat berusaha menghalau tembakan Asnawi Mangkualam. Dewi fortuna tampak kian mendekati tim Garuda saat tim asuhan Alexander Polking harus kehilangan pemainnya, Sanrawat Dechmitr yang menerima kartu merah setelah ia mengganjal keras Saddil Ramdani. Dengan keunggulan jumlah pemain, tim Garuda seharusnya mampu menambah keunggulan setelah Yakub Sayuri melepaskan dengan voli. Namun tembakannya melebar. Tim tamu akhirnya mampu menyamakan kedudukan di menit ke 79. Mereka tak ingin buang peluang dengan segera merebut bola dari Asnawi di wilayah pertahanan lawan. Sarach Yooyen melepaskan tembakan dari luar kotak penalti dan mengenai kaki Ricky Kambuaya yang membuat bola melambung menuju gawang kosong tanpa bisa diantisipasi oleh kiper Nadeo Argawinata. Dengan hasil ini, kedua tim tetap berada di urutan satu dan dua di klasemen sementara dengan jumlah poin yang sama, tujuh. Pasang taruhan untuk laga timnas Indonesia berikutnya di link alternatif m88. 

Indonesia Thailand
Penguasaan bola 40,3  % 59,7 %
Offside  1 1
Tembakan mengenai sasaran 3 1
Tembakan melebar 5 3
Akurasi tembakan 30 % 14,3 % 
Tembakan diblok 2 2
Penyelamatan kiper 0 2
Pelanggaran 27 14
Kartu kuning/ merah 1/ 0 2/ 1

 

Kamboja vs Brunei 5-1

Sementara itu, di saat dua tim teratas harus berjibaku, Kamboja memanfaatkannya dengan baik dengan menjaga asa mereka untuk melaju ke semifinal. Bermain di kandang sendiri Stadion Nasional Merodok Techo, Nick Taylor dkk tak buang peluang untuk menghabisi Brunei Darussalam dengan skor mencolok 5-1. Yang menarik, Kamboja justru tertinggal terlebih dahulu setelah Nurikhwan membobol gawang mereka. Sepuluh menit kemudian, tim tuan rumah baru bisa menyamakan kedudukan lewat gol dari Chou Chanchav. Di babak kedua, mereka mendapat dua hadiah penalti berturut-turut yang diselesaikan dengan baik oleh Nick Taylor dan Keo Sokpheng. Lim Pisoth akhirnya menutup pesta gol mereka dengan dua gol tambahan di menit ke 80 dan 88. Hasil ini membuat mereka bertengger di urutan ketiga dengan selisih satu poin saja dari Indonesia dan Thailand. Sementara, Brunei dan Filipina dipastikan telah tersingkir. 

Laga terakhir bakal menentukan bagi ketiga tim. Sayangnya, sesuai dengan jadwal Piala AFF 2022, Kamboja harus bertandang ke Pathum Thani, Thailand di partai terakhir. Mereka membutuhkan tiga poin untuk lolos atau hasil seri sembari berharap tim Garuda tumbang dengan selisih lima gol. Sebuah langkah yang cukup berat meski bukan mustahil. 

Kamboja Brunei
Penguasaan bola 61,5  % 38,5  %
Offside  1 1
Tembakan mengenai sasaran 13 6
Tembakan melebar 10 3
Akurasi tembakan 50 % 54,5 % 
Tembakan diblok 3 2
Penyelamatan kiper 5 8
Pelanggaran 12 12
Kartu kuning/ merah 3/ 0 4/ 0

 

Klasemen Sementara Piala AFF 2022

Berikut adalah posisi masing-masing tim di tangga klasifika grup A dan B Piala AFF 2022 usai laga-laga tadi malam: 

GRUP A Main Menang Seri Kalah Gol Poin
Thailand 3 2 1 0 10-0 7
Indonesia 3 2 1 0 10-1 7
Kamboja 3 2 0 1 9-5 6
Filipina 3 1 0 2 7-8 3
Brunei 4 0 0 4 2-22 0

 

GRUP B Main Menang Seri Kalah Gol Poin
Vietnam 2 2 0 0 9-0 6
Malaysia 3 2 0 1 6-3 6
Singapura 2 2 0 0 5-2 6
Myanmar 2 0 0 2 2-4 0
Laos 3 0 0 3 0-13 0

Related Articles

Back to top button