Piala AFF 2022, Ajang Timnas Garuda Kembali Lawan Kutukan

Piala AFF 2022 menjadi ajang bagi timnas Garuda untuk kembali menantang kutukan menjadi finalis di enam kesempatan. 

JAGO TEBAK SKOR? MAIN DI 188bet

Piala AFF 2022 merupakan turnamen andalan Federasi Sepakbola Asia Tenggara dua tahunan yang akan mulai digelar besok, 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Timnas Garuda yang ditangani oleh Shin Tae-Young tak ingin kembali gagal di final sekaligus mengakhiri kutukan di partai puncak dalam enam kesempatan, termasuk di edisi terakhir 2020 yang diselenggarakan di 2021 lalu karena pandemic COVID-19. Pertanyaannya, mampukah mereka? Semoga saja mengingat Menpora dan Polri telah mengijinkan hadirnya penonton di laga kandang di stadion GBK mendatang. Berikut ini adalah penjelasan mengenai ajang dua tahunan sepakbola Asia Tenggara ini.

Tentang Piala AFF 2022

Kejuaraan reguler AFF ini adalah edisi ke 14 sejak diselenggarakan di tahun 1996. Ajang ini diikuti oleh 10 tim dari 12 anggota AFF. Sembilan tim lolos otomatis, yaitu Thailand, Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, Vietnam, Myanmar, Laos, Kamboja. Dua tim dengan peringkat terendah, yaitu Brunei Darussalam dan Timor Leste harus menjalani laga playoff untuk memperebutkan satu tiket ke turnamen. Laga ini telah diadakan di bulan November lalu dan Brunei sukses mengalahkan Timor Leste dengan skor aggegat 6-3. Sementara itu, anggota terbaru AFF yang baru bergabung di tahun 2013, Australia, belum berminat berpartisipasi dalam ajang ini. Kemungkinan besar mereka menduduki peringkat FIFA yang jauh lebih tinggi ketimbang tim-tim peserta lainnya. Pasang taruhan untuk laga-laga timnas Garuda di piala AFF 2022 di link alternatif 188bet. 

Sepuluh tim yang akan tampil di kejuaraan tersebut telah dibagi dalam dua grup masing-masing berisi lima tim. Di fase grup, setiap tim akan berhadapan satu sama lain dengan jatah empat laga, dua laga kandang dan dua laga tandang. Penentuan laga kandang dan tandang tersebut dilakukan melalui undian. Berikut ini adalah grup hasil undian untuk Piala AFF 2022. 

Grup A: Thailand, Kamboja, Indonesia, Brunei Darussalam, Filipina

Grup B: Vietnam, Malaysia, Myanmar, Laos, Singapura

Hanya dua tim peringkat teratas dari setiap grup yang lolos ke semifinal. Juara grup A akan menghadapi runner-up grup B dan sebaliknya. Laga semifinal dan final akan menggunakan format dua laga, kandang-tandang. 

Dalam penentuan kelolosan tim yang memiliki poin yang sama di fase grup, jumlah selisih gol akan menjadi pertimbangan utama disusul oleh jumlah gol yang diciptakan dan hasil pertandingan antar kedua tim. Jika kedua tim masih memiliki jumlah gol yang sama dan mereka harus bertanding di partai terakhir babak penyisihan, maka adu penalti akan digunakan jika hasil laga masih berakhir seri. 

Fase grup akan digelar mulai tanggal 20 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023. Sementara laga di empat besar akan diadakan pada tanggal 6 Januari hingga 16 Januari 2023. 

Fakta Menarik Piala AFF 2022

Ada beberapa fakta menarik seputar penyelenggaraan Piala AFF 2022 ini. Yang pertama adalah adanya pergantian sponsor dari Suzuki ke Mitsubishi Electric. Perusahaan otomotif asal Jepang, Suzuki, telah menjadi sponsor utama kejuaraan ini sejak tahun 2008 hingga 2020 ketika pandemi merebak. 

Untuk format edisi kali ini juga menggunakan format lama kandang-tandang plus pertandingan dua leg seperti di edisi 2018. Format sentralisasi turnamen layaknya di edisi 2020 tidak lagi digunakan. Satu lagi fakta menarik di edisi piala AFF 2022 adalah kembalinya Brunei Darussalam ke ajang ini setelah 26 tahun absen. Terakhir kali mereka tampil di edisi pertama tahun 1996 saat turnamen ini masih bernama Piala Tiger. Namun, karena tidak memiliki stadion yang sesuai dengan standar AFF, laga kandang Brunei akan digelar di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia.

Peta Kekuatan Para Peserta

Di Piala AFF kali ini, juara bertahan Thailand masih menjadi unggulan ditangani oleh pelatih yang sama Alexandre Poking asal Brasil. Tim favorit lainnya yang diprediksi bakal mengganjal tim Gajah Perang ini adalah kampiun edisi 2018, Vietnam yang masih ditangani oleh pelatih asal Korsel, Park Hang-Seo, Malaysia yang juga dilatih oleh arsitek tim dari negeri Ginseng sekaligus mantan direktur teknik PSSI-nya Korsel, Kim Pang-On serta tentunya timnas Garuda. 

Skuad Timnas Garuda untuk Piala AFF 2022

Pelatih Shin Tae-Yong telah mengumumkan skuad utama untuk ajang kali ini berisi 23 pemain. Ada lima pemain yang dicoret dari skuad yaitu M Ferrari (Persija), Andy Setyo Nugroho (Persikabo), Dzaky Asraf (PSM), Sandy Walsh (KV Mechelen) dan Elkan Baggot (Gillingham). Dua pemain terkahir yang merumput di Liga Eropa tidak bisa tampil karena padatnya jadwal kompetisi disana. Berikut adalah daftar 23 pemain yang dipanggil.

Penjaga Gawang: Nadeo Argawinata (Bali United), Muhammad Riyandi (Persis Solo), Syahrul Trisna (Persikabo 1973)

Bek: Fachruddin Aryanto (Madura United), Jordi Amat (Johor Darul Ta’zim), Hansamu Yama (Persija Jakarta), Rizky Ridho (Persebaya Surabaya), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Edo Febriansyah (RANS Nusantara FC)

Gelandang: Marc Klok (Persib Bandung), Rachmat Irianto (Persib Bandung), Syahrian Abimanyu (Persija Jakarta), Ricky Kambuaya (Persib Bandung), Egy Maulana Vikri (Tanpa Klub), Witan Sulaeman (AS Trencin), Saddil Ramdani (Sabah FC), Yakob Sayuri (PSM Makassar), Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya)

Penyerang: Ilija Spasojevic (Bali United), Ramadhan Sananta (PSM Makassar), Muhammad Rafli (Arema FC), Dendy Sulistyawan (Bhayangkara FC)

Jadwal Pertandingan Indonesia

Timnas Indonesia akan mengawali perjuangannya melawan kutukan finalis dengan menggelar laga kandang pada akhir pekan ini. Berikut jadwal Piala AFF 2022 bagi timnas Garuda:

23 Desember 2022 pukul 16.30 WIB: vs Kamboja (kandang) di Stadion GBK, Jakarta 

26 Desember 2022 pukul 17.00 WIB: vs Brunei (tandang) di Stadion Kuala Lumpur

29 Desember 2022 pukul 16.30 WIB: vs Thailand  (kandang) di Stadion GBK, Jakarta 

2 Januari 2023 pukul 19.30 WIB: vs Filipina (tandang) di Stadion Rizal Memorial, Manila

Related Articles

Back to top button