Para Unggulan Hadapi Jalan Terjal di 16 Besar Liga Europa dan Liga Conference

Para tim unggulan di Liga Europa dan Liga Conference menemui jalan terjal di babak 16 besar setelah gagal mendapatkan hasil maksimal. 

Beberapa tim besar yang harus turun kasta seperti Barcelona dan Monaco di Liga Europa serta AS Roma, PSV Eindhoven serta Marseille di Liga Conference harus bersusah payah bahkan sekedar untuk merengkuh hasil seri sekalipun. Ini membuktikan bahwa tim-tim yang selama ini dianggap medioker di kejuaraan antar klub di kasta kedua dan ketiga di benua biru ini memiliki kualitas yang tak jauh berbeda.

JAGO TEBAK SKOR? MAIN DI Fun88

Liga Europa 

Barcelona nampaknya harus bekerja ekstra keras untuk lolos ke perempat final setelah ditahan imbang 0-0 oleh Galatasaray di laga pertama. Meski bermain di kandang sendiri, anak asuhan Xavi Hernandez dibuat frustasi oleh pertahanan berlapis wakil asal Turki tersebut plus penampilan cemerlang kiper Inaki Pena yang ironisnya merupakan pemain pinjaman Blaugrana. Lulusan akademi La Masia tersebut seolah-olah ingin membuktikan pada klub asalnya bahwa ia telah siap menjadi kiper utama musim depan saat kembali ke Camp Nou. 

Sementara itu, AS Monaco tersungkur saat bertandang ke Sporting Braga. Mereka takluk 0-2 lewat gol dari Abel Ruiz dan Vitor Olivera. Sedangkan jawara edisi 2003 dan 2011, FC Porto malah dibuat malu di kandang sendiri setelah dibekuk oleh Lyon 0-1. Gol kemenangan Les Gones diciptakan oleh gelandang serang asal Brazil, Lucas Paqueta. 

Di laga lainnya, pemegang rekor juara Liga Europa, Sevilla harus susah payah mengalahkan West Ham, 1-0 saja lewat gol dari Munir El Haddadi. Rival sekotanya, Real Betis malah dipermalukan Eintracht Frankfurt 1-2. Satu-satunya tim yang beruntung adalah RB Leipzig karena mendapatkan bye untuk langsung lolos ke perempat final menyusul keputusan FIFA memberi sanksi pada sepakbola Rusia dengan mengeluarkan tim dan klub asal negara tersebut dari semua kompetisi internasional, termasuk Spartak Moscow, lawan Leipzig di babak ini. 

Mereka yang belum meraih hasil maksimal akan menjalani laga penentu yang kian beat di leg kedua akan serentak diadakan pada tanggal 17 Maret. Pasang taruhan anda di laga-laga Liga Eropa di link alternatif Fun88. Berikut hasil lengkap babak 16 besar:

Barcelona vs Galatasaray 0-0

Real Betis vs Eintracht Frankfurt 1-2

Sevilla vs West Ham 1-0

FC Porto vs Lyon 0-1

Sporting Braga vs Monaco 2-0

Atalanta vs Bayer Leverkusen 3-2

RB Leipzig (langsung lolos)

Glasgow Rangers vs Red Star Belgrade 3-0

Liga Conference 

Sementara itu di kompetisi antar klub Eropa kasta ketiga, Liga Conference, hampir semua tim unggulan masih bisa meraup kemenangan meski tidak mudah, kecuali PSV Eindhoven. Kampiun liga Champions 1988 ini harus puas berbagi satu poin dengan wakil asal Denmark, FC Copenhagen karena hanya bisa bermain imbang 4-4 di kandang sendiri. Mario Gotze dan kolega benar-benar dikejutkan oleh perlawanan tim tamu setelah tertinggal 1-3 terlebih dahulu di babak pertama. Beruntung situasi berubah di babak kedua setelah Cody Gakpo mencetak gol kedua di laga tersebut ditambah dengan gol dari striker muda asal Jepang Ritsu Doan plus penyerang timnas Israel Eren Zahavi. Copenhagen hanya bisa membalas satu gol saja. 

Sedangkan AS Roma dan Olympique Marseille meraih kemenangan tipis atas lawan-lawannya. Hanya Feyenoord yang tampil tregginas usai membantai Partizan Belgrade 5-2 di kandang lawan. Di laga lainnya, wakil asal Inggris, Leicester bermain cukup gemilang saat menjamu Rennes. Tim asuhan Brendan Rodgers itu menang secara meyakinkan, 2-0 dikandang sendiri lewat gol Marc Albrighton dan penyerang timnas Nigeria, Kelechi Iheanacho. Berikut ini adalah hasil seluruh partai di babak 16 besar:

Marseille vs FC Basel 2-1

PSV Eindhoven vs Copenhagen 4-4

Vitesse Arnhem vs AS Roma 0-1

Bodo/Glimt vs AZ Alkmaar 2-1

Partizan Belgrade vs Feyenoord 2-5

Slavia Prague vs LASK Linz 4-1

Leicester vs Rennes 2-0

PAOK vs Gent 1-0