Menuju Qatar 2022: Qatar dan Arab Saudi Umumkan Skuad Resmi Sementara

Tuan rumah Qatar dan Arab Saudi telah mengumumkan skuad resmi sementara untuk gelaran piala dunia 2022 yang akan dimulai bulan depan. 

Di saat tim-tim asal Eropa dan Amerika Selatan sedang menunggu kompetisi Eropa berhenti sejenak untuk piala dunia nanti sembari harap-harap cemas agar para pemainnya tetap bisa fit saat turnamen dimulai tanpa tersandung cedera, dua tim Timur Tengah, Arab Saudi dan tuan rumah Qatar justru telah mengumumkan skuad resmi sementara yang akan dipersiapkan untuk ajang terakbar empat tahunan tersebut. Dua tim tersebut mengambil kesempatan ini demi mematangkan persiapan dengan sejumlah laga ujicoba sejak bulan Oktober ini. Hal ini sejatinya bukan merupakan sesuatu yang mengejutkan mengingat keduanya mengandalkan para pemain yang seluruhnya merumput di kompetisi domestik.

Tuan rumah Qatar yang ditangani oleh Felix Sanchez telah mengumumkan 27 pemain anggota skuad sementara pada awal bulan ini dan telah menjadwalkan tiga laga pemanasan. Sementara, tim Elang Hijau baru saja mengumumkan 32 pemain hari ini. Mereka tidak tanggung-tanggung telah menyiapkan lima laga uji coba sebelum turun di putaran final nanti. 

JAGO TEBAK SKOR? MAIN DI 12bet

Skuad Sementara Qatar

The Maroon yang menjadi satu-satunya tim yang menjalani debut piala dunianya di edisi kali ini tentu tidak ingin mengecewakan rakyatnya. Bermain di depan publik sendiri dengan dukungan yang lebih besar tentu dapat merupakan modal tersendiri bagi Hassan Al-Haydos dan kolega. Meski begitu, minimnya jam terbang berlaga melawan tim-tim yang lebih mapan membuat mereka mau tidak mau harus mempersiapkan diri jauh lebih awal. 

Di bawah asuhan pelatih asal Spanyol, Felix Sanchez, Qatar sejatinya telah mengalami peningkatan pesat. Mereka sukses merengkuh gelar juara Piala Asia pertamanya di 2019 serta menjadi semifinalis Piala Emas CONCACAF 2021 yang lalu. Mereka juga turut berpartisipasi di Copa America 2019 meski gagal lolos dari fase grup serta ikut serta dalam babak kualifikasi zona Eropa grup A di tahun 2021 hingga awal 2022 dan berkesempatan melawan tim-tim kuat seperti Portugal, Serbia dan Irlandia, plus dua tim UEFA lainnya, Luksemburg dan Azerbaijan. 

Meski begitu, Sanchez merasa perlu mematangkan skuadnya demi ambisi setidaknya lolos dari babak penyisihan. Qatar baru saja menyelesaikan satu laga ujicobanya pada tengah pekan usai menang tipis 2-1 atas Nikaragua di Spanyol. Selanjutnya, mereka akan menantang Guatemala dan Panama pada tanggal 23 Oktober dan 6 November di negeri Matador tersebut.

Menurut jadwal piala dunia 2022 yang telah dirilis, Almoez Ali cs akan bersua Ekuador pada tanggal 20 November di partai perdana. Pasang taruhan anda untuk laga-laga seru timnas Qatar di Piala Dunia 2022 di link alternatif 12bet

Untuk pemain yang dipanggil, dua klub lokal, Al-Sadd dan Al-Duhail menjadi penyumbang terbanyak di skuad sementara ini. Dari 27 pemain tersebut, hanya 26 nama yang akan dibawa ke turnamen nantinya. Berikut ini adalah nama-nama pemain dalam skuad sementara tersebut:

Posisi Nama Klub
Kiper Saad Al-Sheeb (32 tahun) Al-Sadd
Meshaal Barsham (24) Al-Sadd
Yousef Hassan (26) Al-Gharafa
Bek Tarek Salman (24) Al-Sadd
Abdelkarim Hassan (29) Al-Sadd
Musab Kheder (29) Al-Sadd
Pedro Miguel (32) Al-Sadd
Boualem Khoukhi (32) Al-Sadd
Homam Ahmed (23) Al-Gharafa
Bassam Al-Rawi (24) Al-Duhail
Jassem Gaber (20) Al-Arabi
Gelandang Mohammed Waad (23) Al-Sadd
Ali-Assadalla (29) Al-Sadd
Salem Al-Fajri (26) Al-Sadd
Mustafa Mashal Al-Sadd
Abdulaziz Hatem (31) Al-Rayyan
Karim Boudiaf (32)  Al-Duhail
Abdelrahman Moustafa (25) Al-Duhail
Asssim Madibo (25) Al-Duhail
Penyerang Hassan Al-Haydos (31) Al-Sadd
Akram Afif (25) Al-Sadd
Naif Al-Hadrami  Al-Rayyan
Almoez Ali (26) Al-Duhail
Ismaeel Muhammad (32) Al-Duhail
Mohammed Muntari (28) Al-Duhail
Ahmed Alaaedin (29) Al-Wakrah
Khalid Muneer (23) Al-Wakrah

 

Skuad Sementara Arab Saudi

Sedangkan The Green Falcons justru menjadwalkan laga pemanasan yang lebih mentereng. Lima tim telah dipilih untuk persiapan terakhir bagi anak asuhan Herve Renard ini. Tiga diantaranya bahkan dari Eropa. Mereka adalah Makedonia Utara yang akan dihadapi pada tanggal 22 Oktober, disusul Albania (26 Oktober), dan Islandia (6 November). Sedangkan dua tim lainnya berasal dari zona CONCACAF, Honduras  yang akan dihadapi pada tanggal 30 Oktober dan Panama (10 November). 

Arab Saudi tentunya tak ingin lagi menjadi bulan-bulanan di babak penyisihan meski harus satu grup dengan Argentina, Meksiko dan Polandia. Mereka ingin mengulang sukses Fuad Amin dkk saat mampu lolos ke babak 16 besar di edisi AS 1994 meski tergabung bersama tim yang jauh lebih mapan yaitu Belanda, Belgia dan Maroko. Si Elang Hijau bahkan secara tak terduga mampu mengungguli Belgia dengan skor 1-0 lewat gol indah ala Maradona yang diciptakan oleh Saeed Owairan. Sayangnya, langkah mereka dihentikan Swedia di babak 16 besar. 

Dari 32 pemain yang dipanggil, hanya 26 pemain yang akan dibawa ke Qatar. Klub lokal Al-Hilal menjadi penyumbang pemain terbanyak dalam skuad sementara tersebut, disusul oleh Al-Nassr. Arab Saudi akan menjalani pemusatan latihan di Abu Dhabi, UEA sejak tanggal 17 Oktober senin depan. Berikut ini adalah nama-nama pemain yang dipanggil untuk piala dunia nanti:

Posisi Nama Klub
Kiper Mohammed Al-Owais (31 tahun) Al-Hilal
Fawaz Al-Qarni (30) Al-Shabab
Muhammed Al-Rubaie (25) Al-Ahli
Nawaf Al-Aqidi (22) Al-Nassr
Bek Yasser Al-Shahrani (30) Al-Hilal
Mohammed Al-Breik (30) Al-Hilal
Ali Al-Bulaihi (32) Al-Hilal
Saud Abdulhamid (23) Al-Hilal
Sultan Al-Ghanam (28) Al-Nassr
Abdulelah Al-Amri (25) Al-Nassr
Abdullah Madu (29) Al-Nassr
Hassan Tambakti (23) Al-Shabab
Ahmed Basmaud (26) Al-Ittihad
Gelandang Mohammed Kanno (28) Al-Hilal
Salman Al-Faraj (33) Al-Hilal
Salem Al-Dawsari (31) Al-Hilal
Abdullah Otayf (30) Al-Hilal
Abdullah Al-Malki (28) Al-Hilal
Nasser Al-Dawsari (23) Al-Hilal
Fahad Al-Muwallad (28) Al-Shabab 
Nawaf Al-Abed (32) Al-Shabab 
Hattan Bahebri (30) Al-Shabab 
Ali Al-Hasan (25) Al-Nassr
Salman Al-Najei (25) Al-Nassr
Ayman Yahya (21) Al-Nassr
Abdulrahman Al-Aboud (27) Al-Ittihad 
Riyadh Sharahili (29) Abha
Penyerang Firas Al-Buraikan (22) Al-Fateeh 
Abdullah Radif (19) Al-Tawoon 
Abdullah Al-Hamdan (23) Al-Hilal 
Saleh Al-Shehri (28) Al-Hilal
Haitham Alsiri (21) Al-Ahli