Laga Ujicoba Piala Dunia Siap Digelar Ghana dan AS

Laga ujicoba untuk persiapan menuju piala dunia Qatar 2022 mulai diagendakan oleh sejumlah tim yang lolos, termasuk Ghana dan AS.

Wakil asal Afrika, Ghana dijadwalkan akan tampil dalam turnamen Piala Kirin di bulan Juni nanti. Thomas Partey dan kolega diundang menjadi salah satu kontestan bersama Cile dan Tunisia plus tuan rumah tim Samurai Biru tentunya. Kejuaraan ini tentunya bakal sangat berguna bagi The Black Stars karena berkesempatan menjajal ketangguhan timnas Jepang dan Cile sebagai persiapan di babak penyisihan grup di putaran final nanti. Seperti diketahui, anak asuhan Otto Addo menurut jadwal piala dunia 2022 yang telah dirilis, akan berhadapan dengan Korea Selatan dan Uruguay di laga kedua dan ketiga setelah menantang Portugal di laga perdana.

Turnamen Piala Kirin sendiri akan dipertandingkan pada tanggal 10 hingga 14 Juni mendatang. Ada dua stadion yang bakal digunakan, yaitu stadion Noevir, Misaki Park, Hyogo-ku, Kobe dan stadion Panasonic, Osaka. Ghana sendiri akan melakoni laga pertama melawan tuan rumah Jepang, sedangkan laga ujicoba kedua akan berhadapan dengan antara Tunisia atau Cile.

Sedangkan timnas Amerika Serikat akan menjadwalkan dua laga ujicoba di bulan Juni nanti, tepatnya pada tanggal 1 Juni melawan Maroko di Cincinnati dilanjutkan empat hari kemudian dengan menantang Uruguay di Kansas City. Dua laga tersebut berguna mengingat Christian Pulisic dan kolega berada satu grup dengan Iran, mirip dengan karakter tim Maroko. Sedangkan laga versus Uruguay bakal menjadi ujian bagi anak asuhan Gregg Behalter seberapa solid tim saat berhadapan dengan tim juara dunia dua kali La Celeste.

JAGO TEBAK SKOR? MAIN DI 12bet

Kiprah dan Peluang Ghana di Piala Dunia

Timnas Ghana sebenarnya telah lama dikenal sebagai salah satu pemasok pemain berbakat Afrika. Negera tersebut telah cukup berprestasi di level U20 dengan menjadi runner up Piala Dunia Junior 1993 dan 2001 sebelum akhirnya merengkuh gelar perdananya di 2009. Di dekade 1990an, mereka juga mampu beberapa kali lolos ke ajang sepakbola di Olimpiade 1992, 1996 dan 2004 dengan meraih perunggu di edisi Barcelona 1992 sebagai prestasi tertingginya. Salah satu pemain yang paling dikenal di dekade tersebut adalah Abedi Pele yang menjadi salah satu pemain kunci Marseille saat meraih gelar Liga Champions 1993 dan Samuel Koffour yang menjadi pemain andalan Bayern Munich di jantung pertahanan saat menjadi kampiun di UCL 2001.

Namun, tim ini baru melakukan debut piala dunia di Jerman 2006. Saat itu mereka diperkuat oleh Stephane Appiah, Michael Esssien, kiper tangguh Richard Kingson dan penyerang Asamoah Gyan. Saat itu, The Black Stars secara mengejutkan menyingkirkan Rep Ceko yang masih dipimpin oleh Petr Cech dan AS untuk menemani Italia melaju ke babak 16 besar. Sayangnya, kiprah mereka terhenti ditangan Brasil. Empat tahun berselang, Nama Asamoah Gyan lah yang mencuat ditemani dua bersaudara keponakan Abedi Pele, Andre dan Jordan Ayew, serta Kevin Prince Boateng. Mereka mampu melaju hingga perempat final usai menyingkirkan Australia dan Serbia di babak penyisihan grup plus AS di babak 16 besar. Lagi-lagi mereka disingkirkan tim asal Amerika Selatan. Saat itu Uruguay lah yang melakukannya lewat adu penalti setelah sempat diwarnai insiden ngawur Luis Suarez yang sengaja menahan bola sepakan Gyan layaknya kiper dengan sengaja.

Di Qatar 2022 nanti, Ghana akan menjalani piala dunia keempatnya dan bertekad tampil lebih baik ketimbang di Brasil 2014 dimana Jordan Ayew cs tampil mengecewakan dengan hanya meraup satu poin dan tersingkir di babak penyisihan. Pasang taruhan anda untuk laga-laga tim Ghana di Piala Dunia Qatar 2022 di link alternatif 12bet.

Kiprah dan Peluang AS di Piala Dunia

Sementara itu, timnas Amerika Serikat telah berpartisipasi di 10 edisi piala dunia sepanjang sejarah. Prestasi terbaiknya adalah menjadi semifinalis di piala dunia edisi pertama 1930. Kemenangan yang paling bersejarah tentunya saat mereka mampu mengalahkan Inggris 1-0 di Brasil 1950. Namun kemenangan tersebut gagal membawa mereka lolos ke babak berikutnya.

Sejak itu sepakbola AS mengalami mati suri dan baru bisa kembali lolos ke piala dunia di edisi 1990. Sejak itu, mereka mampu lolos ke putaran final tanpa henti hingga Brasil 2014. Pencapaian terbaik USMNT sejak kembali ke panggung piala dunia adalah di Jepang-Korea 2002. Saat itu Landon Donovan dkk mampu melaju ke perempat final usai menyingkirkan Portugal dan Polandia di babak penyisihan plus Meksiko di babak 16 besar.

Di Qatar 2022 nanti, USMNT akan hadir dengan generasi baru seperti penyerang Chelsea Christian Pulisic, gelandang Juventus Weston McKennie hingga bek sayap Barcelona Sergino Dest. Peluang mereka untuk lolos cukup terbuka meski bisa dibilang tidak mudah. Tim asuhan Greg Belhalter diprediksi akan bersaing dengan pemenang babak playoff dari zona Eropa, antara Wales, Skotlandia dan Ukraina untuk memperebutkan satu tiket ke babak knockout mendampingi Inggris.