Empat Negara Bidik Tuan Rumah Babak Final Nations League 2023

Empat negara dari level A, Belanda, Wales, Polandia dan Belgia, mengajukan diri menjadi tuan rumah babak final UEFA Nations League 2023. Pengajuan keempat negara tersebut telah dikonfirmasi dan disetujui oleh UEFA.

Pengajuan diri untuk tuan rumah babak final Liga Antar Negara Eropa atau UEFA Nations League 2023 telah ditutup pada tanggal 13 April lalu. Meski begitu pemberkasan dan persyaratan lain dapat dipenuhi menyusul hingga tanggal 5 Oktober mendatang. Pemenangnya baru akan diumumkan pada bulan Januari tahun depan. Babak final ini terdiri dari dua laga semifinal plus partai puncak dan perebutan tempat ketiga. Babak final nanti akan diselenggarakan pada tanggal 14 hingga 18 Juni 2023.

Di dua edisi sebelumnya, babak final digelar di Eropa Selatan. Edisi perdana di 2019, Portugal lah yang ditunjuk sebagai tuan rumah dan berhasil memanfaatkan keuntungan tersebut dengan menjadi jawara. CR7 dan kolega membekuk Belanda 1-0 di laga puncak setelah sebelumnya menggilas Swiss 3-1 di semi final. Sementara di edisi 2021, giliran Italia yang menjadi tuan rumah. Sayangnya, kampiun Eropa tersebut malah dipermalukan oleh Spanyol 1-2 di semi final sebelum akhirnya unggul melawan Belgia dalam perebutan tempat ketiga.

Tuan rumah babak final UNL ini sebenarnya dipilih dari salah satu juara grup di level A. Untuk edisi Nations League 2023 nanti, juara grup A4 lah dimana empat negara tersebut berada, yang akan menggelar babak final four tersebut. Berikut ini adalah ulasan tentang para calon tuan rumah tersebut.

JAGO TEBAK SKOR? MAIN DI W88

Belanda

Belanda merupakan runner-up Nations League edisi pertama. Pengalaman mereka menjadi tuan rumah turnamen sepakbola ataupun olahraga tidak perlu diragukan lagi. Di ajang internasional, Belanda pernah menjadi tuan rumah bersama Belgia untuk Piala Eropa 2000 dengan menggunakan stadion kandang Ajax Amsterdam, PSV Eindhoven, Feyenoord dan Vitesse Arnhem. Di EURO 2020 pun mereka juga terpilih menjadi salah satu tuan rumah dengan menggunakan Stadion Johan Cryuff Arena dengan menggelar empat laga. Pasang taruhan untuk laga-laga timnas Belanda di liga antar negara ini di link alternatif W88.

Di kejuaraan antar klub Eropa, Belanda terpilih menjadi tuan rumah final Liga Champions sebanyak empat kali, yaitu di musim 1961/62, 1971/72, 1981/82 dan 1997/98. Stadion De Kuip, kandang Feyenoord Rotterdam menjadi tuan rumah di dua final, 1972 dan 1982, sementara Amsterdam menggelar final 1998. Sedangkan di Liga Europa, tiga kali final dilangsungkan di Belanda, yaitu edisi 2001/02 di De Kuip, Rotterdam, 2005/06 di Stadion Phillips, Eindhoven serta 2012/13 di Amsterdam Arena (nama sebelum diganti menjadi Johan Cryuff Arena). Sementara di ajang Piala Winners yang merupakan kejuaraan antar klub Eropa level dua sebelum dilebur ke Piala UEFA/Liga Europa di tahun 2000, beberapa edisi partai puncak juga pernah digelar di Belanda yaitu di tahun 1963, 1968, 1974, 1977, 1991 dan 1997.

Belgia

Belgia juga memiliki sederet pengalaman menjadi tuan rumah turnamen utama di UEFA plus sejumlah laga final di beberapa kejuaraan antar klub Eropa. Stadion yang paling sering digunakan adalah stadion nasional King Baudouin, Brussels, yang merupakan hasil renovasi stadion lama yang memiliki sejarah kelam, stadion Heysels. Beberapa stadion lainnya yang sesuai memenuhi standar UEFA adalah stadion Jan Breydel, Brugge, stadion Maurice Defrasne, Liege serta stadion Pays de Charleroi. Keempat venue tersebut digunakan saat menggelar Piala Eropa 2000 bersama Belanda.

Di kejuaraan antar klub Eropa, Belgia menjadi tuan rumah final Liga Champions sebanyak empat kali, 1958, 1966, 1974 dan 1985 yang berakhir tragedi. Di Piala Winners Eropa, selain King Baudouin (Heysels) yang menjadi tuan rumah di final 1976 dan 1996, satu stadion lainnya, Bosuil Antwrep juga terpilih menggelar partai final 1964.

Polandia

Polandia baru mendapat kesempatan menjadi tuan rumah turnamen mayor dan sejumlah laga final kejuaraan antar klub Eropa dalam satu dekade terakhir. Sebagai salah satu negara maju di Eropa Timur, Polandia baru bisa unjuk gigi saat terpilih menjadi tuan rumah Piala Eropa 2012 bersama Ukraina. Empat stadion yang terpilih saat itu adalah stadion Narodowy, Warsawa; stadion Wroclaw; stadion PGE Arena, Gdansk dan stadion Miejski, Poznan. Untuk kejuaraan Eropa, Polandia baru dua kali terpilih menggelar partai final, keduanya di Liga Europa 2016 yang berlangsung di Warsawa dan 2021 yang lalu yang dimainkan di Gdansk.

Wales

Wales bisa dibilang mirip dengan Polandia, yang baru mendapat kesempatan menjadi tuan rumah di beberapa laga final kejuaraan antar klub Eropa dalam satu dasawarsa terakhir. Keberadaannya yang tergabung dalam wilayah Inggris Raya membuatnya sulit menjadi tuan rumah kejuaraan mayor, kecuali menjadi tuan rumah bersama seperti yang sedang direncanakan untuk Piala Eropa 2028 nanti dimana Inggris Raya dan Irlandia.

Sementara di ajang antar klub Eropa, final yang pernah digelar di Wales adalah partai puncak Liga Champions 2017 yang berlangsung di stadion Millenium Cardiff, serta di Piala Super Eropa 2014, dimana dua-duanya dimenangkan oleh Real Madrid.