Dua Wasit Dipulangkan, Bola Baru Semifinal dan Final, Melimpahnya Hadiah Uang Piala Dunia

Sejumlah kabar terbaru muncul di Qatar sebelum final digelar, mulai dari dua wasit yang dipulangkan, bola baru serta jumlah hadiah uang yang tersedia bagi peserta. 

Piala Dunia 2022 akan segera berakhir dengan laga Argentina vs Prancis sebagai penutupnya. Dalam sepekan terakhir ini, beberapa berita muncul yang berkaitan dengan dua wasit yang telah dibebastugaskan oleh FIFA sebelum turnamen berakhir, bola baru yang telah digunakan sejak babak semifinal lalu hingga hadiah uang bagi tim-tim yang berlaga. 

JAGO TEBAK SKOR? MAIN DI W88

Dua Wasit Telah Dipulangkan 

Para pengadil dilapangan kembali menjadi sorotan di piala dunia tahun ini. Meski telah dibantu oleh VAR dan berbagai teknologi pendukung lainnya, mereka tidak pernah lepas dari incaran protes para pemain dan tim, terutama mereka yang menderita kekalahan. Sejauh ini ada lima anggota korps baju hitam yang dipermasalahkan. Dua wasit telah diputuskan untuk dibebastugaskan oleh FIFA meski kejuaraan masih berjalan.  

Wasit pertama adalah Michael Oliver asal Inggris. Wasit yang kerap memimpin laga-laga di Liga Premier Inggris ini telah dipulangkan oleh FIFA meski tidak ada konfirmasi resmi mengenai alasan keputusan tersebut. Oliver yang telah bertugas di tiga laga, yaitu Jepang vs Kosta Rika, Meksiko vs Arab Saudi dan yang terakhir Brasil vs Kroasia. Rumor yang muncul adalah dukungannya terhadap ban kapten OneLove yang kontroversial plus telah mengeluarkan 18 kartu kuning hanya dalam tiga laga menjadi pertimbangannya. 

Wasit kedua yang telah dipastikan tidak akan bertugas lagi, termasuk di piala dunia 2026 mendatang adalah Mateu Lahoz asal Spanyol. Ia lah yang menjadi pengadil di lapangan saat duel mencekam Argentina vs Belanda yang menghasilkan 15 kartu kuning dan satu kartu merah. Kepemimpinan Lahoz mendapat sindiran dari Leo Messi dan Emi Martinez yang beberapa keputusannya dianggap lebih menguntungkan Belanda, termasuk waktu tambahan hingga 10 menit yang berujung pada keberhasilan tim Oranje menyamakan kedudukan. 

Sementara tiga wasit lainnya yang sempat disorot oleh sejumlah tim adalah wasit Argentina Facundo Tello yang diprotes oleh para pemain Portugal karena dianggap berkonspirasi untuk memuluskan langkah negara asalnya ke final, Wilton Sampaio asal Brasil yang dikritisi oleh para pemain Inggris terhadap sejumlah keputusan yang kontroversial saat memimpin laga Inggris vs Prancis, serta wasit Meksiko Cesar Ramos yang memimpin laga semifinal, Prancis vs Maroko dengan beberapa keputusan yang layak dipertanyakan oleh Singa Atlas. Namun mereka bertiga masih lebih beruntung ketimbang dua wasit sebelumnya yang telah bebas tugas tersebut. Cek bursa taruhan piala dunia untuk laga final piala dunia 2022 di link alternatif W88

Bola Baru di Babak Empat Besar

Semenjak babak semifinal, ada bola baru yang digunakan, bukan lagi Al-Rihla. Sekilas bola ini memang mirip Al Rihla namun memiliki warna strip yang berbeda, yaitu hanya berwarna merah maroon khas bendera Qatar dengan warna emas sebagai warna dasarnya melambangkan landskap padang pasir Qatar.

Bola baru itu dinamai ‘Al Hilm’ yang berarti mimpi dan sengaja dirilis oleh Adidas di awal pekan lalu untuk menyongsong laga-laga di empat besar. Dari segi teknologi yang digunakan, Al Hilm tidak berbeda dengan Al Rihla yang dilengkapi oleh ‘Connected Ball’ technology yang membantu para pengadil di lapangan membuat keputusan lebih akurat karena terhubungn dengan sensor didalamnya untuk menangkap data-data dalam pertandingan. 

Hadiah Uang Melimpah Bagi Tim Peserta

Setiap penyelenggaraan piala dunia, hadiah uang yang disiapkan oleh FIFA cenderung selalu bertambah. Hal ini juga terjadi di edisi Qatar 2022 ini. Menurut berbagai sumber, total hadiah yang disiapkan oleh FIFA senilai 440 juta dollar AS, atau 40 juta lebih banyak ketimbang empat tahun lalu. 

Setiap tim yang lolos ke putaran final masing-masing mendapatkan 9 juta dollar AS. Jika berhasil lolos ke 16 besar, mereka mendapatkan tambahan 13 juta dollar AS. Untuk mereka yang berhasil lolos ke babak 8 besar, ada tambahan 17 juta dollar AS. Sementara, jumlah hadiah uang untuk tim di empat besar akan ditentukan dari hasil akhir usai laga final nanti. Sang kampiun akan membawa pulang tambahan 40 juta dollar AS, sementara runner-up mendapatkan 30 juta dollar AS. Untuk tim yang meraih peringkat tiga dan empat akan dihadiahi masing-masing 27 juta dan 25 juta dollar AS. 

Related Articles

Back to top button