Cile Tunjuk Pelatih Baru, Kolombia Masih Pilah-pilih Usai Gagal Lolos ke Qatar

Cile dan Kolombia yang sama-sama gagal lolos ke Piala Dunia 2022 mengambil langkah yang berbeda perihal pelatih baru mereka. Cile langsung tunjuk sosok baru pengganti Martin Lasarte yang dipecat di bulan April lalu sedangkan Kolombia masih pilah-pilih para kandidat. 

Kubu Cile benar-benar tak ingin menunggu lama mengingat Alexis Sanchez dan kolega sudah memiliki agenda ujicoba terjadwal di bulan Juni melawan Korea Selatan dan ikut serta dalam turnamen Piala Kirin bersama Jepang, Tunisia dan Ghana. Sosok yang dipilih adalah eks pelatih timnas Paraguay, Eduardo Berizzo. Pelatih asal Argentina ini dinilai federasi sepakbola Cile cocok untuk mengakhiri tren negatif timnas mereka dengan target lolos kembali ke putaran final piala dunia 2026 nanti. 

Sedangkan, Kolombia tidak ingin tergesa-gesa memilih nahkoda baru tim setelah pelatih sebelumnya, Reinaldo Rueda diberhentikan akibat hasil mengecewakan selama babak kualifikasi. Beberapa nama telah diendus media massa dengan kandidat dalam negeri hingga sejumlah nama dari Argentina. 

JAGO TEBAK SKOR? MAIN DI 12bet

Mengenal Sosok Berizzo 

Eduardo Berizzo sejatinya bukan sosok baru bagi sepakbola Cile. Eks bek di akhir dekade 1990an dan awal 2000an tersebut mengawali karir kepelatihannya di negeri tetangga Argentina tersebut. Pelatih berusia 52 tahun ini pernah menjadi asisten pelatih Marcelo Bielsa selama tahun 2007 hingga 2011. 

Usai mendampingi Bielsa, ia menangani salah satu klub lokal O’Higgins hingga tahun 2014. Berizzo sukses membawa klub yhnya menjuarai liga domestik 2013 dan Piala Super Cile 2014. Setelah itu, ia memulai petualangannya di benua Eropa bersama eks klubnya saat masih aktif bermain, Celta Vigo. Selama tiga musim di bawah asuhannya, Celta dibawa finish di urutan delapan, enam dan sebelas di La Liga. Di kompetisi Liga Europa, Berizzo bahkan mampu membawa klubnya lolos ke semifinal sebelum disingkirkan Manchester United yang akhirnya bablas menjadi juara. 

Sayangnya, kiprah suksesnya di Celta gagal berlanjut di klub-klub selanjutnya, Sevilla dan Athletic Bilbao. Arsitek tim asal Argentina tersebut harus mengakhiri kiprahnya di dua klub tersebut dengan pemecatan. Ia pun menyabet tawaran dari timnas Paraguay di tahun 2019. Namun, tren negatif tim yang diasuhnya masih berlanjut. Ia gagal membawa Miguel Almiron cs tampil di piala dunia dan hanya mentok bisa melaju ke perempat final di dua edisi terakhir Copa America. Pasang taruhan anda untuk laga-laga timnas Cile di link alternatif 12bet.  

Para Calon Pelatih Baru Kolombia 

Sementara itu, Kolombia telah menyaring para kandidat sebagai pengganti Reinaldo Rueda. Ada setidaknya lima nama yang diendus oleh media, dua diantaranya dari Argentina. 

Tiga kandidat utama berasal dari dalam negeri. Pelatih Kosta Rika saat ini, Luis Fernando Suarez, sejatinya merupakan calon utama namun dirinya masih terikat kontrak saat ini. Dua nama lainnya yang dipertimbangkan adalah Jorge Luis Pinto dan Juan Carlos Osorio. Pinto dikenal sukses membawa Kosta Rika melaju ke perempat final piala dunia 2014, sedangkan Osorio adalah arsitek tim Sombrero saat membungkam Jerman di Rusia 2018 yang lalu. 

Sedangkan para kandidat asing, sedang dalam radar. Yang pertama pelatih senior Marcelo Bielsa. Sosok yang nyentrik ini berpengalaman menangani sejumlah klub dan timnas seperti Athletic Bilbao, Olympique Marseille, Leeds hingga timnas Argentina dan Cile. Prestasi terbaiknya antara lain menjadi finalis Liga Europa 2012 bersama Athletic Bilbao, runner up Copa America 2004 dan meraih medali emas Olimpiade di tahun yang sama bersama Albiceleste. Sedangkan bersama timnas Cile, pelatih berusia 66 tahun ini hanya bisa membawa Cile melaju ke babak 16 besar di piala dunia 2010.

Sementara kandidat dari negeri Tango lainnya adalah eks pelatih timnas Paraguay, Ramon Diaz. Mantan penyerang River Plate di era 80an ini pernah menbawa bekas klubnya berjaya di Piala Libertadores 1996. Namun sejak itu nyaris tidak ada prestasi yang menonjol dari tim yang ditanganinya. Bersama Paraguay sepanjang tahun 2014 hingga 2016, Diaz hanya pernah mengantarkannya menjadi semifinalis di Copa America. 

Mengingat tidak ada agenda pertandingan atau turnamen dalam waktu dekat, federasi sepakbola Kolombia pun juga mempertimbangkan untuk meminang bos timnas Peru, Ricardo Gareca sebagai calon pelatih baru. Anggota skuad timnas Albiceleste saat menjadi kampiun di Meksiko 1986 ini menjadi sosok kunci kebangkitan Peru di blantika sepakbola dunia dengan menjadi runner up Copa America 2019 dan menjadi semifinalis dua tahun berselang, plus selangkah lagi lolos ke putaran final piala dunia dua kali beruntun setelah absen sejak edisi 1982. Kolombia bukan tidak mungkin akan menunggu Gareca menyelesaikan tugasnya bersama Renato Tapia dkk, apalagi jika mampu mengunci tempat terakhir ke world cup 2022 via jalur playoff antar benua di bulan Juni.