Aturan Lengkap Pelaksanaan Liga Champions

Liga Champions menjadi salah satu kompetisi sepakbola dunia yang begitu dinanti oleh para penggemar olahraga sepakbola. Namun dari waktu ke waktu, terjadi penyesuaian aturan yang digunakan untuk menggelar kompetisi akbar ini. Berikut kami sajikan rangkuman aturan yang digunakan dalam kompetisi ini.

M88 Liga Champions

Jumlah pemain dalam Skuad Liga Champions

Ketika bursa transfer musim panas berakhir, setiap klub yang berlaga di kompetisi di bawah UEFA harus melampirkan 2 laporan kepada pihak asosiasi. Laporan ini terdiri dari Daftar A dan Daftar B serta menekankan pemain yang dapat bermain di kompetisi ini.

Daftar A

Pada daftar ini, klub hanya bisa memiliki maksimal 25 pemain yang terdiri dari 2 skuad dari awal babak pertama dan 3 pemain tambahan. Sebanyak 8 posisi dikhsusukan untuk pemain lokal dan tidak ada klub yang bisa memiliki lebih dari 4 pemain yang dilatih asosiasi terdaftar di 8 posisi tersebut. Daftar ini harus menjabarkan secara spesifik pemain yang memenuhi kriteria ini. Daftar ini juga harus mencakup nama belakang, nama depan, tanggal lahir, nomor punggung, kebangsaan, dan tanggal pendaftaran nasional atas semua pemain yang berlaga di klub UEFA termasuk nama depan dan belakang pelatih kepala dan asisten pertama pelatih.

Daftar B

Pada daftar ini, klub bisa memiliki lebih dari 25 pemain jika mereka lahir di atau setelah tanggal 1 Januari 2003 untuk musim 2024/25. Namun, sejak ulangtahun ke-15, pemain tersebut harus telah bermain untuk klub minimal selama 2 tahun tanpa putus atua 3 tahun beruntun. Pemain juga dapat menjalani 1 periode peminjaman ke klub dari asosiasi yang sama untuk periode maksimal 1 tahun. SEteiap klub juga harus memiliki setidaknya 2 kiper di Daftar A dan 3 orang setelah menggabungkan Daftar A dan B.

Selain itu, semua pemain harus menjalani pemeriksaan medis sebagaimana diatur dalam Kebijakan Medis UEFA. Setiap pemain juga harus terdaftar di asosiasi negara masing-masing sebagai pemain di klub terkait sesuai dengan kebijakan asosiasi terkait dan FIFA, khususnya Kebijakan Status serta Transfer Pemain FIFA.

Pemain yang Dilatih Asosiasi di Liga Champions

Dari daftar 25 pemain di Daftar A, sebanyak 8 posisi dikhususkan untuk pemain lokal. Istilah ini merujuk pada pemain yang dilatih oleh asosiasi yang berarti mereka telah bermain di negara yang sama selama setidaknya 3 tahun, terlepas dari kebangsaannya, antara umur 15 hingga 21 tahun. Kebijakan ini juga menjelaskan bahwa hanya 4 pemain dari kategori ini yang akan dihitung ke dalam 8 pemain lokal dalam Daftar A.

Musim yang berlangsung persis sebelum seorang pemain berusia 15 tahun dapat dihitung jika ulang tahun pemain tersebut terjadi setelah laga terakhir di kejuaraan nasional terkait tapi sebelum tanggal 30 Juni. Sementara itu, musim setelah ulangtahun pemain ke-21 dapat dihitung jika ulangtahun pemain tersebut di atau setelah 1 Juli, namun sebelum laga pertama di musim terkait berikutnya.

Pemain yang Dilatih Klub

Selain itu, tim harus memiliki setidaknya 4 orang pemain yang dilatih klub untuk mengisi daftar 8 pemain yang dilatih lokal. Istilah ini merujuk pada pemain yang masuk dalam daftar pemain klub, terlepas dari kebangsaan dan usia mereka, yang bermain setidaknya 3 tahun antara umur 15 hingga 21 tahun.

Aturan ini kerap menjadi tantangan bagi pihak klub jika mereka tidak memiliki akademi berkelas dunia. Namun bukan berarti harapan akan pupus jika mereka tidak memenuhi syarat 4 orang tadi. Jika tim gagla memenuhi kuota 8 pemain, maka skuad harus dikurangi jumlahnya.

Rekrutmen Pemain di Bulan Januari

Situs M88 com login menjabarkan bahwa aspek keuangan dalam industri sepakbola memunculkan kesempatan bagi klub untuk mengembangkan skuad masing-masing di sepanjang musim. Di bulan Januari, klub diberikan kesempatan untuk memperkuat permainan mereka.

Jika suatu tim berencana untuk mendatangkan pemain baru, merkea harus mendaftarkannya ke kompetisi UEFA. Pihak asosiasi mengizinkan klub untuk mendaftarkan paling banyak 3 pemain baru sebelum babak gugur, namun klub harus menghubungi terkait keputusan ini sebelum tanggal 2 Februari setiap tahunnay. Ukuran skuad di Daftar A tidak boleh melebihi 25 orang pemain.

Sebagai perbandingan, sebelum 2018, pemain tidak bisa berlaga di 2 tim yang berbeda di kompetisi UEFA. Langkah ini dianggap mempromosikan fair play, tapi pada kenyataannya hanya berujung pada masalah transfer pemain. Aturan ini kemudian dihapus pada 2018 yang lalu. Kini, setiap pemain bahkan jika mereka dipinjamkan ke klub lain di fase kualifikasi, playoff, atau fase grup di Liga Champions, dapat bermain untuk tim baru mereka setelah menyelesaikan transfer di bulan Januari.

Related Articles

Back to top button