APAKAH LIVERPOOL SAINGAN TERBESAR BAGI MANCHESTER UNITED?

Persaingan dalam sepak bola, seperti dalam olahraga lain, sering berfungsi untuk mendefinisikan era dan kadang-kadang mereka bisa begitu terkenal sehingga mereka bahkan menjadi identik dengan permainan itu sendiri di negara tertentu.

Hanya menyebutkan kata-kata ‘sepak bola Argentina’, misalnya, akan cukup untuk membangkitkan pikiran River Plate dan Boca Juniors, selain ‘sepak bola Skotlandia’.

Di Inggris, beberapa persaingan yang lebih besar ada di antara Liverpool dan Manchester United, yang merupakan salah satu derby terlama di sepakbola Inggris, menampilkan tim-tim paling sukses di negara itu.

Namun, penurunan relatif kedua tim pada tahap yang berbeda selama era Liga Premier telah menyebabkan persaingan tidak lagi menjadi acara utama dalam kalender masing-masing fanbase mereka.

Dengan pemikiran itu, Goal melihat apakah Liverpool adalah rival terbesar Manchester United dan sebaliknya.

Apakah Saingan Terbesar Liverpool Adalah Manchester United?

Persaingan Liverpool-Manchester United secara luas dianggap sebagai persaingan terbesar bagi kedua klub dan pendukung mereka.

“Bagi saya, Liverpool akan selalu menjadi pertandingan derby, hanya karena sejarah,” kata Sir Alex Ferguson. “Ketika saya datang ke sini, mereka adalah gembong Inggris. Tujuan saya adalah mencoba dan membalikkan putaran itu.”

Tim lain yang dapat mengklaim sebagai saingan terbesar Manchester United adalah Arsenal, Leeds United dan pesaing lintas kota Manchester City.

Seperti halnya Manchester United, Liverpool menghitung tetangga dekat mereka, Everton, di antara rival terberat mereka. Chelsea, Arsenal dan Man City adalah rival Liverpool pada tingkat lebih rendah.

Menariknya, beberapa penggemar Liverpool secara nakal mulai merendahkan persaingan dengan Manchester United, menunjukkan bahwa City sekarang mewakili rival utama mereka karena mereka adalah penantang yang lebih konsisten.

Mengapa Liverpool & Manchester United Menjadi Rival?

Persaingan antara Liverpool dan Manchester United beragam. Ini memperhitungkan kedekatan geografis kota-kota serta fakta bahwa mereka telah menjadi saingan langsung untuk piala selama bertahun-tahun.

Liverpool kira-kira 40 mil dari Manchester (jarak antara Anfield dan Old Trafford sekitar 30 mil) dan mereka adalah dua kota terbesar di barat laut Inggris, maka Namanya menjadi North West Derby.

Di antara mereka, Liverpool dan Manchester United telah memenangkan lebih dari 30 gelar liga. Mereka berada di depan sebagai tim paling sukses di negara ini, mendominasi lanskap domestik dari tahun 1970-an hingga 2000-an.

Persaingan itu juga melampaui sepakbola karena kekayaan sosial-ekonomi para penghuni kedua kota itu saling terkait erat.