16 Kota telah Terpilih untuk Piala Dunia 2026

16 kota akhirnya telah dipilih oleh FIFA untuk menjadi bagian dari tuan rumah piala dunia 2026 mendatang di AS, Meksiko dan Kanada.

FIFA telah memutuskan 16 kota yang akan menjadi tuan rumah untuk 80 pertandingan di piala dunia berikutnya, United 2026. AS mendapat jatah terbesar dengan 11 kota, diikuti Meksiko dengan tiga kota dan Kanada dengan dua kota saja. Untuk pertama kalinya, putaran final piala akan diselenggarakan di tiga negara, atau kedua kalinya diadakan menjadi oleh tuan rumah bersama setelah Jepang-Korsel 2002. Ketiga negara akan mendapat kesempatan yang sama untuk menggelar pertandingan di babak penyisihan hingga 16 besar. Sedangkan untuk babak perempat final dan seterusnya hanya akan diadakan di AS yang bakal menjadi tuan rumah piala dunia kedua kalinya setelah edisi 1994.

United 2026 juga menandai piala dunia era baru karena untuk pertama kalinya ajang terakbar empat tahunan ini akan diikuti oleh 48 tim. Selain itu, ada sedikit perubahan format turnamen dimana para kontestan akan dibagi dalam 16 grup berisi 3 tim saja. Dua tim teratas dari masing-masing grup berhak lolos ke babak 32 besar sebelum ke babak 16 besar dan seterusnya ke final. Selain itu, tidak akan ada hasil seri di babak penyisihan karena jika terjadi skor imbang maka laga akan dilanjutkan di babak perpanjangan waktu dan adu penalti. Kemungkinan dua poin akan diberikan kepada tim yang menang lewat adu penalti. 

Lalu kota mana saja yang terpilih? Di Amerika Serikat ada New York, Los Angeles, Dallas, Seattle, Philadelphia, San Francisco, Miami, Boston, Atlanta, Houston dan Kansas City. Mereka akan dibagi dalam tiga wilayah, Barat, Timur dan Tengah untuk menghindari tim-tim dan fans berpergian terlalu jauh mengingat sejumlah grup hanya akan bermain di satu atau maksimal dua wilayah saja. Sedangkan tiga kota di Meksiko yang terpilih adalah ibukota Meksiko City, Guadalajara dan Monterrey. Sementara Kanada yang baru pertama kali menjadi tuan rumah piala dunia ini hanya kebagian dua kota, yaitu Toronto dan Vancouver. 

JAGO TEBAK SKOR? MAIN DI M88

Profil 11 Stadion di AS

Berikut ini adalah profil 11 stadion di AS yang digunakan untuk piala dunia 2026 mendatang. 

  • Stadion AT&T Dallas, Texas memiliki kapasitas 80.000 penonton. Stadion ini sejatinya bukanlah stadion sepakbola karena merupakan kandang dari klub American football, Dallas Cowboys. Piala dunia 2026 adalah turnamen kedua bagi stadion AT&T setelah beberapa kali digunakan sebagai venue untuk Piala Emas CONCACAF. 
  • Stadion Metlife, East Rutherford, New Jersey, New York memiliki kapasitas 82.500 penonton. Dahulu stadion ini bernama stadion Giant yang digunakan untuk menggelar sejumlah pertandingan di Piala Dunia 1994 sebelum dirobohkan di tahun 2007 dan diganti dengan Metlife. Kandang klub American football, New York Jets dan New York Giants pernah digunakan untuk menggelar beberapa partai di Copa America Centenario 2016 lalu, salah satunya laga final antara Cile dan Argentina yang dimenangkan Alexis Sanchez cs via adu penalti.
  • Stadion SoFi, Los Angeles, California memiliki kapasitas 70.240 penonton. Kandang klub American football, LA Rams dan LA Chargers ini belum pernah digunakan untuk ajang turnamen mayor sepakbola. 
  • Stadion Gillette, Boston, Massachusetts berkapasitas 65.878 penonton ini dahulu merupakan salah satu venue USA 1994 dengan nama stadion Foxboro sebelum dirobohkan di tahun 2000. Kandang klub MLS, New England Revolution ini sudah pernah beberapa kali menggelar laga-laga di Piala Emas CONCACAF plus tiga laga di Copa America Centenario, salah satunya saat Peru mengalahkan Brasil 1-0 di babak penyisihan. 
  • Stadion Arrowhead, Kansas City berkapasitas 76.416 penonton. Stadion yang pernah jadi kandang klub MLS Kansas City Wizards ini belum pernah menggelar turnamen sepakbola regional ataupun internasional.
  • Stadion Mercedez Benz, Atlanta, Georgia berkapasitas 71.000 penonton. Kandang klub MLS Atlanta United ini belum pernah menjadi venue turnamen mayor.
  • Stadion NRG, Houston, Texas ini berkapasitas 72.220 penonton. Stadion ini pernah menggelar laga-laga di CONCACAF Gold Cup dan tiga partai di Copa America Centenario. Salah satunya laga semifinal antara Argentina vs tuan rumah AS yang berakhir dengan skor 4-1.
  • Stadion Levi’s, San Fransisco, California berkapasitas 68.500 penonton. Kandang klub NFL,San Francisco 49ers ini pernah menggelar sejumlah laga di Piala Emas CONCACAF dan empat pertandingan di Copa America Centenario 2016. Salah satunya laga saat Cile membantai Meksiko 7-0 di perempat final. 
  • Stadion Hard Rock, Miami, Florida berkapasitas 64.767 penonton ini belum pernah menjadi tuan rumah untuk turnamen sepakbola mayor. 
  • Stadion Lumen Field, Seattle, Washington memiliki kapasitas 69.000 penonton. Stadion ini cukup berpengalaman menjadi tuan rumah untuk turnamen mayor seperti CONCACAF Gold Cup dan Copa America Centenario. 
  • Stadion Lincoln Financial Field, Philadelphia berkapasitas 69.879 penonton. Stadion ini pernah menggelar dua turnamen mayor regional, Piala Emas CONCACAF dan Copa America Centenario. 

AS akan menggelar 60 pertandingan di piala dunia 2026 nanti. Pasang taruhan anda untuk laga-laga timnas AS di Piala Dunia Qatar 2022 di link alternatif M88.

Profil 5 Venue di Meksiko dan Kanada

Berikut ini lima venue yang tesisa. Meksiko memilih tiga kota yang pernah menjadi bagian saat negara tersebut menjadi tuan rumah edisi piala dunia 1970 dan 1986, yaitu:

  • Meksiko City (Stadion Azteca, kapasitas: 87.523 penonton. Pernah menggelar final piala dunia 1970 dan 1986 plus sejumlah pertandingan di Olimpiade 1968) 
  • Guadalajara (Stadion Akron, kapasitas: 49.850 penonton. Pernah menggelar sejumlah laga di piala dunia 1970 dan 1986)
  • Monterrey (Stadion BBVA, kapasitas: 53.500 penonton. Stadion ini baru selesai dibangun di tahun 2015)

Sedangkan Kanada yang sejatinya diprediksi akan mendapat jatah tiga kota layaknya Meksiko. Namun pada akhirnya hanya dua kota yang terpilih yaitu

  • Vancouver dengan stadion BC Place yang berkapasitas 54.500 penonton. Stadion ini pernah terpilih untuk menggelar laga-laga di Piala Dunia Putri 2017.
  • Toronto dengan stadion BMO Field dengan kapasitas 30.000 penonton namun akan diperbesar menjadi 45736 di saat turnamen digelar nanti. Stadion ini pernah digunakan untuk menggelar sejumlah partai di Piala Dunia U-21, temasuk laga final dimana Sergio Aguero cs menghantam Rep Ceko 2-1.